Entri Populer

Sabtu, 15 September 2012

LIGA PRIMER INGGRIS

Premier League atau Liga Utama Inggris sebelumnya disebut dengan F.A. Premier League, adalah sebuah kompetisi liga sepak bola profesional di Inggris yang merupakan kompetisi antar klub tingkat tertinggi di negara Inggris. Di luar Inggris Raya biasa disebut dengan English Premier League.

GOL GOL BOLA GOL :: GOL GOL terPANAS di INGGRIS

FEED SHEET ::

  • Negara : Inggris, Wales (satu tim)
  • Konfederasi : UEFA
  • Dibentuk : 20 Februari 1992
  • Jumlah tim : 20 tim
  • Piala domestik : Piala FA, Piala Liga Inggris, Community Shield
  • Piala internasional : Liga Champions UEFA, Liga Eropa UEFA
  • Juara bertahan : Manchester City (2011–12)
  • Klub tersukses : Manchester United (12)
  • Stasiun televise : Sky Sports
  • Penyiar : ESPN, BBC (cuplikan pertandingan)
  • Situs resmi : www.PremierLeague.com

Sebelum dibentuk Premier League pada tahun 1992, kompetisi liga sepak bola profesional tingkat tertinggi di Inggris adalah Football League First Division atau Liga Sepak Bola Divisi Pertama. 

Menjelang akhir musim 1991-92, beberapa klub sepak bola teratas memisahkan diri dari liga sepak bola setelah membuat kesepakatan-kesepakatan yang menguntungkan dengan stasiun televisi. Pada tanggal 20 Februari 1992 dibentuk format kompetisi baru dengan nama FA Premier League dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub pada musim pertama.

Liga Primer adalah liga sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia, disiarkan di 212 wilayah kepada 643 juta pemirsa. Pada musim 2010-11 rata-rata jumlah kehadiran penonton dalam setiap pertandingan Liga Premier adalah 35.363, yang merupakan jumlah tertinggi kedua dari liga sepak bola profesional Jerman, Bundesliga, dengan tingkat hunian stadion adalah 92,2%.

Liga Primer juga mendapat peringkat coefficients of leagues pertama (koefisien liga) dari UEFA berdasarkan penampilan di kompetisi Eropa selama lima tahun terakhir.

SEJARAH ::
Meskipun sepanjang tahun 1970-an hingga awal 1980-an beberapa klub Inggris sukses di kompetisi Eropa, namun mulai akhir tahun 1980-an menandai titik rendah sepak bola Inggris; stadion yang hancur, minimnya fasilitas untuk para pendukung, hooliganisme meluas, dan klub-klub Inggris dilarang dari kompetisi Eropa selama lima tahun setelah Tragedi Heysel pada tahun 1985.

Waktu itu Liga Sepak Bola Divisi Pertama (Football League First Division) dari The Football League, yang telah menjadi tingkat teratas liga sepak bola Inggris sejak 1888 menjadi kurang ditonton dan menurun pendapatannya, jauh di belakang liga lain seperti Seri A Italia dan La Liga Spanyol serta beberapa pemain top Inggris pindah ke luar negeri.

Namun setelah pergantian tahun 1990 tren penurunan mulai membaik, seiring dengan keberhasilan Tim Nasional Inggris berhasil mencapai babak semi-final di Piala Dunia FIFA 1990. UEFA, badan sepak bola Eropa akhirnya mencabut larangan lima tahun bagi klub Inggris mengikuti kompetisi Eropa pada tahun 1990. Hasilnya Manchester United mengangkat Piala Winners UEFA pada tahun 1991. Kemudian Laporan Taylor mengenai Standar Keamanan Stadion, yang mengusulkan biaya peningkatan stadion agar menjadi stadion dengan semua tempat duduk bagi penonton, diterbitkan pada bulan Januari tahun 1991.

Pendapatan hak siar dari stasiun televisi menjadi sangat penting. The Football League menerima £6.300.000 untuk perjanjian selama dua tahun pada tahun 1986, tetapi ketika perjanjian tersebut diperbaharui pada tahun 1988, jumlahnya naik menjadi £44.000.000 untuk selama empat tahun.

Pada perjanjian tahun 1988 tersebut sudah terdapat tanda-tanda pertama, akan terjadinya liga yang memisahkan diri, ketika sepuluh klub mengancam akan meninggalkan Football League dan membentuk "liga super", tapi akhirnya dibujuk untuk tinggal. Untuk peningkatan kapasitas stadion dan meningkat kehadiran penonton serta pendapatan, beberapa tim top di Inggris mulai mempertimbangkan untuk meninggalkan Football League.

PEMBENTUKAN ::
Pada penutupan musim 1991-92, sebuah proposal untuk membentuk liga baru dibuat yang akan menghasilkan lebih banyak uang ke dalam permainan secara keseluruhan. Perjanjian anggota pendiri yang ditandatangani pada tanggal 17 Juli 1991 oleh 5 klub peringkat teratas, menetapkan prinsip dasar untuk mengatur FA Premier League. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar